Tuesday 1 September 2015

7 Hal yang Perlu Kamu Tahu untuk Berkarir sebagai Freelancer

Dari tahun ke tahun, makin tinggi minat perusahaan memperkerjakan freelancer. Hal ini disertai peningkatan minat masyarakat modern untuk bekerja paruh waktu. Sebagai acuan, berikut 7 hal penting untuk kamu perhatikan saat memilih berkarir paruh waktu.

Sabtu, 22 Agustus 2015 | 15:29 WIB

SHUTTERSTOCKDengan menjadi freelancer kita bebas menentukan waktu, tempat, dan beban kerja kita sendiri.

Laporan global dari Intuit menunjukkan, 80 persen perusahaan kelas dunia berencana menambah kuota penggunaan pekerja paruh waktu (freelance) hingga tahun 2020. Tren ini sedikit banyak juga terjadi di Indonesia.
Pada 2012 lalu, 60.000 orang dilaporkan mencari kerja paruh waktu lewat situs Freelance.co.id. Hanya dalam jangka waktu tiga tahun, angka itu tembus 500.000 orang pada tahun 2015.
Menurut Indonesia Country Manager Freelancer.com Helma Kusuma, mengubah haluan ke dunia freelancingmemiliki tantangan tersendiri. Baik bagi para profesional maupun para pekerja pemula.
Namun, jika kamu sudah mantap memilih bekerja paruh waktu, berikut 7 hal yang bisa dijadikan acuan berkarir menurut Helma.
1. Temukan passion kamu.
Jika kamu sudah tahu ketertarikan dan keahlian yang bisa kamu "jual", coba geluti bidang tersebut untuk mendapat tawaran pekerjaan. Jika belum, kamu bisa mencoba beragam bidang hingga menemukan yang benar-benar kamu sukai.
Untuk mengasah keahlian, kamu bisa ikut kursus onlineyang banyak tersedia. Intinya, semakin berkualitas keahlianmu yang sesuai passion, maka semakin mudah kamu bertahan di dunia freelancing.
2. Gunakan marketplace online untuk mencari kerja.
Informasi terkait kerja paruh waktu bisa kamu akses dengan mudah lewat marketplace freelance online. Misalnya Freelancer.com (Freelancer.co.id khusus di Indonesia), Guru.com, 99designs.com dan sebagainya.
Kamu bisa tahu persyaratan apa yang dibutuhkan perusahaan atau pemberi proyek dalam memperkerjakan seorang freelancer. Kamu pun bisa mempersiapkan kualitas diri secara lebih matang jika sudah menggenggam informasi penting.
3. Aktif di ranah online.
Saat ini, freelancer banyak dicari melalui jalur online. Kamu harus aktif di dunia maya untuk mengetahui tren pekerjaan terbaru atau hal-hal lainnya.
Selain itu, kamu juga perlu menciptakan penggambaranonline yang baik agar pemberi kerja tertarik bekerja sama denganmu.
4. Bangun reputasi kamu.
Membangun reputasi yang kredibel sangat penting bagifreelancer. Sebab, pemberi kerja rata-rata akan mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya dari kandidat pekerja sebelum memutuskan menerima atau menolak.
Untuk itu, saat mengerjakan sesuatu, kamu harus benar-benar memuaskan klien. Sehingga di lain kesempatan klien lain bakal lebih cepat percaya akan kemampuan dan etos kerjamu.
5. Cari proyek dan mulai bidding.
Nah, kalau kamu merasa sudah memiliki keahlian dan reputasi yang baik, kamu akan lebih gampang mencari proyek dan menawarkan jasa. Pada berbagaimarketplace freelance online, pencarian proyek disajikan melalui antarmuka situs yang ramah pengguna.
Di sini waktu kamu memilih, bernegosiasi dan unjuk gigi.
6. Tampil menonjol ketika bidding proyek.
Untuk satu pekerjaan freelance, ada ratusan pencari kerja yang ingin dipilih. Agar kamu yang terpilih, kamu harus bisa menonjol dan beda dari kandidat lain.
Pada tahap ini, kamu perlu meningkatkan jiwa kompetitif. Sebab, pekerjaan freelance adalah tentang berlomba tiada akhir.
Setiap selesai pada pekerjaan satu, kamu harus berlomba untuk mendapat pekerjaan lainnya. Di sinilah keseruannya. Kamu harus mengerahkan semua kemampuan dan kualitasmu.
7. Pastikan keamanan pembayaran begitu kamu terpilih untuk sebuah proyek.
Pastikan pemberi kerja memilih jalur pembayaran yang aman. Di Freelancer.co.id, kamu dapat mengatur pembayaran tanda jadi untuk setiap proyek.
Ada beberapa opsi yang biasanya ditawarkan. Antara lain pembayaran setengah sebelum proyek jalan, pembayaran setelah fase pertama proyek dan sebagainya. 

Pembayaran tanda jadi ini merupakan jaminan bahwa pemberi kerja akan melaksanakan kewajibannya membayar freelancer. Sementara itu, kamu sebagaifreelancer juga dituntut harus menyelesaikan pekerjaan sebelum menerima pembayaran utuh.
Setelah mengetahui tips berkarir sebagai pekerja paruh waktu, kini tak ada salahnya mencoba. Tentu jika kamu sedang menganggur atau sedang senggang. Selamat mencoba!

Kunjungi sumber

No comments:

Post a Comment

Lazada Indonesia