Friday 21 August 2015

10 Cover Lagu Indonesia Terindah oleh Musisi Luar Nege

Keindahan lagu-lagu ciptaan musisi Indonesia memang sudah diakui oleh dunia, contohnya di negara tetangga, Malaysia dan di beberapa negara lainnya. Bukan rahasia lagi jika lagu-lagu Indonesia begitu digemari karena keindahan melodi dan liriknya yang catchy.
Namun, tidak banyak yang tahu jika lagu-lagu Indonesia juga diminati sampai Swedia dan Afrika. Selain lagu “Sempurna” yang termasyhur itu, rupanya banyak orang asing yang tertarik menyanyikan lagu-lagu kontemporer Indonesia lainnya, bahkan termasuk membuat video Youtube-nya.
Di bawah ini kami pilihkan, 10 cover lagu Indonesia terindah yang dinyanyikan oleh musisi/orang asing. Yang mana yang menjadi favorit anda?

1. Elizabeth Tan (Malaysia), membawakan lagu “Aku Cinta Padamu” (Itang Yunasz) di sebuah acara musik lokal. 

Publik Indonesia semakin kenal Youtuber yang satu ini ketika ia pernah muncul di acara talkshow di sebuah televisi Indonesia. Ia juga menyuguhkan nuansa berbeda saat Idul Fitri lalu dengan menyanyikan lagu “Selamat Hari Raya” dengan suara merdu bernada swing.
Image via www.youtube.com
Image via www.youtube.com
Berniat merancang karir di Indonesia, Elizabeth tampil di acara “Music Everywhere” di sebuah stasiun TV. Ia menyanyikan beberapa lagu termasuk  lagu lawas “Aku Cinta Padamu” dengan vokalnya yang kuat bernuansa jazzy, yang terkesan elegan dan seksi.


2. Shila Amzah (Malaysia), mengcover lagu “Tanpa Kekasihku” dari Agnes Monica, dengan hanya menggunakan gitar akustik.

Shila, bernama lengkap Nurshahila binti Amir Hamzah, kelahiran 1990, menggebrak publik Malaysia ketika ia memenangkan kontes bernyanyi Asian Wave yang diselenggarakan di Shanghai, Tiongkok.
Image via joshuaongys.com
Image via joshuaongys.com
Tidak cuma itu, Shila yang seorang Melayu tampil berjilbab dan melantunkan lagu-lagu berbahasa Mandarin dengan mengagumkan.
Image via imgur.com
Image via imgur.com
Berbekal suara tipis yang powerful, Shila mengcover beberapa lagu Agnes Monica termasuk “Tanpa Kekasihku” berikut ini. Simak dan siap-siap terhanyut oleh penghayatannya yang dalam.

3. Dewi Liana Seriestha (Malaysia) membawakan lagu “Mencintaimu” (Krisdayanti) pada sebuah event Kuching, Sarawak, Malaysia.

Dewi Liana Seriestha berayahkan Indonesia dan beribu seorang Bidayuh, meraih gelar Miss Malaysia pada tahun 2014 lalu.
Image via www.themalaymailonline.com
Image via www.themalaymailonline.com
Di ajang Miss World 2014, Dewi meraih gelar Miss Talent dengan suaranya yang indah dan menggelegar! Ini ditunjukkannya ketika menyanyikan lagu “Mencintaimu” dengan power dan interpretasi menarik.

Selain itu, Dewi pernah juga meng-cover lagu “Rindu” dari Agnes Monica dengan vokalnya yang sangat mencengangkan!

4. Nicholas Teo (Malaysia), menyanyikan lagu “Sempurna” (Andra and the Backbone) sebagai salah satu lagu di albumnya yang dirilis tahun 2009.

Nicholas pernah memenangkan sebuah kontes menyanyi di Malaysia, namun kini terkenal sebagai penyanyi mandopop di Taiwan.
Image via jpopasia.com
Image via jpopasia.com
Nicholas membawakan lagu “Sempurna” dalam versi mandarin di albumnya yang dirilis pada tahun 2009 di bawah label Warner Music Taiwan. Menariknya, pada bagian ref, kata “sempurna” tidak diterjemahkan alias tetap dalam bahasa Indonesia.

5. Eru (Korea), menyanyikan lagu “Kemesraan” (Iwan Fals, Rafika Duri, dll) saat konser Music Bank di Jakarta tahun 2013.

Eru adalah nama panggung dari penyanyi dan penulis lagu Korea, Jo Sung Hyun. Sudah cukup sering Eru menggelar konser dan datang ke Indonesia, bahkan Eru pernah mendapat penghargaan “Teman Istimewa” dari KBRI di Seoul.
Image via gelarkonsereru.wordpress.com
Image via gelarkonsereru.wordpress.com
Eru juga bahkan pernah main film Indonesia, dan kelihatan menghayati sekali ketika menyanyikan lagu lawas Indonesia, “Kemesraan” berduet dengan penyanyi Korea lainnya, Hyorin.

6. Qi Qin (Taiwan), mengadaptasi lagu “Sephia” (Sheila on 7) menjadi “Sophia” di album “Hu Huan” yang rilis tahun 2002.

Pria ini adalah penyanyi dan penulis lagu senior Taiwan kelahiran 1960. Ia meng-cover lagu Sephia pada tahun 2002. Pada saat itu, lagu Sephia dari Sheila on 7 yang dirilis pada tahun 2000, rupanya begitu populer sampai ke Taiwan.
Image via www.towchina.com
Image via www.towchina.com
Pada lagu pop progresif ini, Qi Qin tetap mempertahankan melodinya, namun ia mengganti sebagian liriknya, selain judulnya. Hasilnya, tetap menghanyutkan seperti lagu aslinya!

7. Shantanu Mukherjee (India), meng-cover lagu “Di Belakangku” (Peterpan) dan menjadi soundtrack untuk film Jab We Met, rilis tahun 2007.

Lagu ini dirilis Ariel dan kawan-kawan ketika band mereka masih bernama Peterpan. Adalah seorang penyanyi India yang membawakan lagu ini pada tahun 2007, di bawah judul “Aao Milo Chale”.
Image via www.justbollywood.in
Image via www.justbollywood.in
Sama seperti “Di Belakangku” yang menjadi soundtrack untuk film, lagu inipun di India menjadi soundtrack untuk film berjudul “Jab We Met”. Suara penyanyinya membuat penasaran ingin mendengarkan lagu-lagunya yang lain.

8. Ladylike (Swedia), merilis lagu “Dreaming of The Time” berdasarkan lagu “Teman Tapi Mesra” (RATU).

Ladylike adalah band cewek asal Swedia yang pada tahun 2009 merilis lagu “Dreaming of The Time” yang meng-cover lagu “Teman Tapi Mesra” yang diciptakan Maia Estianty.
Image via www.youtube.com
Image via www.youtube.com
Menurut Oktavita.com, lagu Dreaming of The Time ini cukup diminati dan pernah nongkrong di posisi lumayan di berbagai radio Amerika. Hal ini menunjukkan kualitas musikalitas seorang Maia.

9. Kings of Convenience (Norwegia), membawakan lagu “Bersandar” dari White Shoes and the Couples saat konser di Bandung 2010.

Meski cuma 2 menit, namun Erland Oye membawakannya dengan sepenuh hati. Maklum vokalis KoC ini konon memang nge-fans banget sama White Shoes. Lihat saja penampilannya tidak kalah simpatik, meski bahasa Indonesianya masih seadanya.

10. Hugh Maynard (Inggris), meng-cover lagu “Bukan Cinta Biasa (Afghan).

Cowok ini pernah menjadi kontestan X-Factor UK, dan kini sudah menelurkan albumnya sendiri, bahkan berakting. Pada tahun 2012 ia mengunggah video di bawah ini yang membuat banyak orang Indonesia penasaran, karena cowok ini mampu bernyanyi lagu Indonesia dengan pelafalan yang cukup baik. Bahkan sebagian menganggap ia bernyanyi lebih baik dari Afghan.

Dari 10 cover lagu Indonesia terindah di atas, mana yang paling kamu sukai? Share jawaban kamu di comment yuk. 

Kunjungi Laman Asli

No comments:

Post a Comment

Lazada Indonesia